WeCreativez WhatsApp Support
Tanyakan Terkait Produk Layanan Kami

Cara dan Persyaratan Pengiriman Cargo Udara

Pengiriman Cargo Udara

Cara dan Persyaratan Pengiriman Cargo Udara

Setiap perusahaan yang memberikan jasa ekspedisi sudah pasti melakukan pengiriman dengan menggunakan fasilitas melalui cargo udara, cargo laut, dan cargo darat. Setiap pengiriman cargo udara, darat maupun laut tentunya membutuhkan prosedur-prosedur tersendiri yang intinya proses pengiriman cargo membutuhkan proses yang berbeda-beda, demikian juga hal nya dengan biaya yang dikenakan.

Pengiriman Cargo Udara

Diantara ketiga jenis pengiriman cargo diatas, prosedur untuk pengiriman udara mungkin sedikit lebih rumit, terutama jika menyangkut masalah cargo export-import. Ada beberapa persyaratan tambahan yang meski dipenuhi oleh pelanggan untuk keamanan dan kenyamanan barang yang dikirim. Meskipun begitu tetapi ada beberapa hal bisa dinegosiasikan sehingga persyaratan tambahan tersebut tidak bersifat mutlak.

Persyaratan Pengiriman Cargo Udara

Agar dapat melakukan pengiriman melalui pengiriman cargo udara, ada beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui sebelumnya agar Anda paham dan tidak kerepotan nantinya, berikut ini adalah persyaratan yang harus Anda ketahui:

  • Barang yang Anda kirim bukan berupa uang dan surat-surat atau dokumen penting.
  • Barang yang tidak sama seperti apa yang tertera di Airwaybill atau tanda terima pengiriman bukan menjadi tanggung-jawab pihak perusahaan cargo tetapi menjadi tanggung-jawab dari pihak pengirim.
  • Jika terjadi kerusakan ataupun barang hilang yang tidak diprediksi atau “force Majeur” maupun yang disebabkan karena packingnya yang kurang sempurna, hal tersebut juga diluar tanggung-jawab pihak perusahaan penyedia jasa cargo.
  • Apabila barang hilang, terjadi kerusakan ataupun barang tidak sesuai dengan kondisi sebelumnya maka pihak pengirim akan mendapatkan kompensasi penggantian sebesar Rp. 1.000.000 atau berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.
  • Untuk barang yang bernilai tinggi bisa diajukan pengiriman yang berasuransi dari pihak perusahaan cargo yang biayanya dibebankan kepada pihak pengirim.

Cara Pengiriman Cargo Udara

Selain persyaratan pengiriman cargo udara yang harus Anda pahami, terdapat juga tata cara yang diberlakukan oleh pihak penyedia jasa cargo yang mencakup perhitungan berat, pengisian surat tanda terima dan packaging. Untuk pengisian STTP atau Airwaybill akan dilakukan oleh kurir cargo dengan jelas dan lengkap. Airwaybill atau surat tanda terima pengiriman harus dibawa dengan barang yang ingin dikirim tetapi harus ditandatangani sebelumnya oleh pihak pengirim kemudian kurir cargo akan memberikan lampiran sebagai tanda bukti pengiriman.

Ukuran dari kemasan barang yang ingin dikirim akan terlebih dahulu disesuaikan di pintu masuk pesawat untuk pengiriman cargo udara ini. Untuk ukuran yang direkomendasikan adalah dengan panjang maksimal 150 cm dengan lebar maksimal mencapai 110 cm dan tinggi maksimal sama dengan 80 cm. Akan tetapi ukuran yang telah direkomendasikan ini bersifat tidak mengikat yang tergantung dari pesawat cargo yang dipakai untuk pengangkutan atau pengiriman barang. Tetapi pada prinsip nya mayoritas dari perusahaan jasa cargo ini menggunakan rumus atau perhitungan yang sama untuk pengiriman cargo dengan menggunakan jalur udara.

Post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *