WeCreativez WhatsApp Support
Tanyakan Terkait Produk Layanan Kami

Cara Merintis Usaha Jasa Pengiriman Barang

Cara Merintis Usaha Jasa Pengiriman Barang

Cara Merintis Usaha Jasa Pengiriman Barang

Cara Merintis Usaha Jasa Pengiriman Barang – Semakin kesini ternyata bisnis usaha jasa pengiriman barang semakin menjadi primadona. bagaimana tidak, jika kita lihat berdasarkan kondisi geografis yang ada di Indonesia dengan begitu banyak pulau, maka jasa ini pastinya sangat diperlukan untuk mengantarkan barang dari tempat satu ke yang lainnya. Antar kota, Pulau dan provinsi yang ada di Indonesia.

Cara Merintis Usaha Jasa Pengiriman Barang

Saat ini peluang usaha jasa pengiriman barang semakin cerah. Hal ini dikarenakan pertumbuhan pasar e-commerce. Dengan berkembangnya sistem belanja via online maka hal ini mendukung hadirnya perusahaan jasa pengiriman barang atau jasa kurir. Bisnis ini sangat potensial, mulai dari masayarakt kota sampai yang ada di desa semuanya perlu jasa pengangkutan barang.

Macam- Macam Usaha Jasa Pengiriman Barang

Ternyata tidak semua jasa pengiriman barang itu sama. Masing- masing mempunyai bentuk jasa yang berbeda dan sesuai dengan kapasitas derta moda transportasi yang digunakan untuk mengirim barang. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam bentuk pengiriman barang yang ditawarkan. Diantaranya adalah:

Kurir/Ekspres

Peluang usaha jasa pengiriman barang kurir atau ekspress adalah untuk pengguna jasa hendak mengirim barang bisa terkirim dengan cepat. Sebab sifatnya yang cepat sehingga harga yang diberikan juga akan lebih tinggi dibanding dengan pengiriman regular. Biasanya ini dipakai oleh pengguna jasa yang mhendak engirimkan barang dengan volumeĀ  ringan dan tidak terlalu besar. Misalnya seperti Go Send, Porter, JNE, TIKI.

Pengiriman barang via udara

Adapun karakteristik yang bisa kita lihat dari pengiriman barang via udara yaitu kecepatan dalam pengiriman barang. Sehingga tarif yang diberlakukan untuk pengiriman barang lewat udara ini juga lebih tinggi dari pada pengiriman melalui darat maupun laut.

Pengiriman Barang Via Laut

Sementara itu, pengiriman barang via laut bisa dilakukan dengan 2 cara. Yaitu dengan container dan pengiriman barang dengan kapal feri untuk kapasitas barang yang lebih kecil.Pada proses pengiriman barang menggunakan container pemilihan jasa berdasarkan penggunaan kapasitas yang dikenal dengan Full Charter Load (FCL) untuk penggunaan container secara penuh dan Less Than Container Load (LCL) untuk penggunaan kapasitas container secara partial.

Full Truck Load (FTL)

Bentuk jasa berikut ini memungkinkan kita dapat menyewa mobil truk sesuai dengan kebutuhan. jenis truk tergantung dengan kapasitas berat atau volume. biasanya kebutuhan kita akan sangat bergantung pada berat atau volume dari barang yang ingin dikirim.

Less Than Truck Load (LTL)

Jasa pengantaran barang dengan menyewa sebagian dari truk. Namun untuk proses pengiriman barang baru bisa berjalan bila truk sudah terisi full dengan barang. Sehingga ada perusahaan jasa pengiriman barang yang memanfaatkan peluang dengan mengumpulkan muatan barang dari banyak pengguna jasa sampai bisa memenuhi kapasitas truck yang dipakai. Sehingga penyedia jasa bisa mendapatkan keuntungan optimal.

Post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *